• 7th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences (7th MPC) FF UNMUL

    2018-03-09
    7th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences

     

     

    "PERKEMBANGAN TERKINI PELAYANAN KEFARMASIAN"

    PENDAHULUAN

    Pengertian mendasar Farmasi, suatu keilmuan dan pekerjaan tentang Produk yang digunakan dalam sistem biologis untuk mencapai derajat kesehatan sesuai kodrat pengguna. Mahluk hidup pengguna utama produk tersebut ialah manusia,sehingga terkait aspek sosial, karena manusia adalah mahluk sosial. Ilmu-ilmu Sosial dalam arti filosofi adalah ilmu ekonomi, hukum, dan budaya. Karena itu farmasi semakin meluas dalam lingkup keilmuan dan pekerjaan yang telah diperankan meskipun tetap pada orientasi kesehatan, tetapi terkait fungsi sosial, ekonomi, hukum dan budaya. Model keterkaitan terhadap keilmuan tersebut tergantung pemahaman para ahli kefarmasian, baik itu dalam keilmuan maupun dalam pekerjaan kefarmasian.

    Fakultas Farmasi UNMUL telah menterjemahkan Kefarmasian adalah keilmuan dan pekerjaan terkait dengan Produk beserta penggunaannnya dalam sistem biologis untuk pencapaian derajat kesehatan sesuai kodrat pengguna. Kompetensi keilmuan farmasi terkait pengertian tersebut adalah (a) penemuan dan perbanyakan bahan baku farmasi dari bahan alami dan atau sintetik atau buatan manusia (b) pembuatan dan perbanyakan produk farmasi dalam bentuk sediaan dari bahan baku tersebut sebagai suatu pengelolaan stok (c) kompetensi penggunaan produk dalam sistem biologis dan sosiologis (distribusi produk) padamasyarakat (d) kompetensi penjaminan mutu dan keamanan produk farmasi serta penjaminan mutu dan keamanan tata laksana penggunaan produk farmasi yaitu pada sistem biologis dan sosiologis(distibusi produk) padamasyarakat.

    Pencapaian derajat kesehatan yang paripurna disesuaikan dengan kondisi terkini biologis pengguna yaitu penggunaan produk tersebutuntuk tujuan kuratif atau pereventif atau promotif atau estetika (keindahan) bahkan untuk diagnosis sederhana. Fakultas Farmasi UNMUL sebagai Perguruan Tinggi Kefarmasian berkewajiban menyebarkan keilmuan farmasi dalam berbagai strategi seperti pembelajaran langsung peserta didik, melalui buku, publikasi ilmiahmelalui pertemuan atau majalah ilmiah. Karena itu sejak tahun 2015 Fakultas Farmasi UNMUL menetapkan kalender akademikPertemuan Ilmiah dengan nama Seminar Nasional Kefarmasian dan tahun 2016 diubah menjadi Mulawarman Pharmaceuticals Conferences yang disingkat dengan MPC. MPC tahun 2018 adalah yang ke-7 setelah November 2017 yang ke-6 bekerjasama dengan Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia. MPC-VII akan diselenggarakan tanggal 12 – 13 Mei 2018 dengan fokus pada Kompetensi Penggunaan Produk Farmasi (PPF), khusus komponen kompetensi pelayanan langsung pada pasien. 

    Read more about 7th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences (7th MPC) FF UNMUL